Berita menarik dari IPB University! Dikenal karena keunggulannya di bidang pertanian, universitas ini telah berhasil memasuki 400 teratas di peringkat QS World University (QS WUR) 2026, mengamankan posisi ke -399 secara global. Prestasi ini menyoroti upaya luar biasa dan komitmen komunitas akademik IPB untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian mereka.
Perjalanan IPB University di QS WUR 2026
Sebelumnya, IPB berada di peringkat #426 pada tahun 2025 dan #489 pada tahun 2024. Kenaikan peringkat ini meningkatkan status global IPB. Di antara lebih dari 8.467 universitas dari 106 negara yang dievaluasi, hanya sekitar 1.501 lembaga yang masuk ke daftar akhir QS WUR 2026, dan IPB mendapatkan posisi yang terpuji.
Indikator dan pencapaian evaluasi IPB
QS WUR mengevaluasi universitas berdasarkan sembilan indikator, termasuk reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, rasio fakultas-ke-siswa, dan kutipan penelitian per fakultas. IPB telah mencapai tonggak penting seperti:
- Rasio fakultas-ke-siswa peringkat #153 secara global
- Reputasi majikan berada di peringkat #213 secara global
- Fakultas Internasional Peringkat #323 secara global
Di Indonesia, IPB memegang posisi ke -5 di antara universitas terkemuka menurut QS WUR 2026.
Universitas Indonesia lainnya di peringkat dunia
In addition to IPB, 25 other Indonesian universities feature in the QS WUR, such as Universitas Indonesia (#189), Universitas Gadjah Mada (#225), ITB (#268), and Universitas Airlangga (#296). This reflects the progressive advancement of Indonesia’s educational sector on the international stage.
Kata -kata dari Rektor Universitas IPB
Rektor IPB, Prof. Arif Satria, menyatakan rasa terima kasih dan kebanggaan dalam pencapaian ini. Menurutnya, keberhasilan ini adalah hasil dari kerja keras seluruh komunitas akademik dan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan. Ini berfungsi sebagai bukti nyata dari komitmen IPB untuk menyediakan pendidikan dan penelitian kelas dunia.
Prestasi ini tidak hanya membawa kebanggaan pada kampus dan komunitas akademik tetapi juga menyuntikkan energi positif ke dalam pengembangan pendidikan tinggi secara keseluruhan di Indonesia.